BeritaNasional

Ketua DPD RI Apresiasi Rumah Zakat, Meski Kecil Tapi Banyak Bantu Masyarakat Saat Pandemi

09/03/2021, 20:13 WIB
Last Updated 2021-03-15T16:02:39Z

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat tingkat kepedulian masyarakat ikut terangkat. Hal ini dibuktikan juga oleh Rumah Zakat yang banyak membantu masyarakat, khususnya UMKM. Upaya tersebut mendapat apresiasi dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Rumah Zakat adalah World Digital Charity Oganization yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Rumah Zakat juga merupakan lembaga filantropi yang peduli terhadap kemanusiaan.

Di masa pandemi Covid-19, Rumah Zakat telah menyalurkan sejumlah bantuan untuk pemulihan UMKM. Memang tidak besar. Bantuan yang disalurkan di kisaran 2 hingga 3 juta rupiah.

"Tapi itu sangat membantu perekonomian masyarakat kelas bawah. Komunitas majlis taklim tidak lagi hanya beraktivitas di bidang keagamaan, tetapi juga mulai melakukan pemberdayaan ekonomi," tutur Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti.

Senator asal Jawa Timur itu menilai aktivitas ini telah lama bergulir. Namun jarang mendapat apresiasi.

"Rumah Zakat memberikan bantuan modal ultra mikro untuk usaha ultra mikro serta pendampingan usaha. Hal ini sangat membantu," tandasnya.

LaNyalla menilai hal ini adalah salah satu kekuatan umat di dalam komunitas masyarakat ekonomi syariah di lapangan.

Aktivitas bersifat mandiri ini mendapat apresiasi dari LaNyalla. Alumni Universitas Brawijaya Malang itu terus mendorong pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas majlis taklim.

"Jika pada tataran ini kuat, maka ekonomi masyarakat akan ikut menjadi kuat," katanya.

TrendingMore