Berita

Dukung BUSS, Ketua DPD RI Berharap Varietas Tanaman Lokal Bersaing Secara Global

Iqbal Syaifullah
12/04/2021, 16:15 WIB
Last Updated 2021-04-21T11:53:02Z
JAKARTA
- Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberi dukungan untuk pengujian BUSS yang dilakukan Kementerian Pertanian di Kebun Pemeriksaan Subtantif Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) Dataran Rendah Mojosari, Kabuaten Mojokerto, Jawa Timur. Pengujian BUSS meliputi unsur Baru, Unik, Seragam, dan Stabil.

LaNyalla berharap pengujian BUSS bisa membantu meningkatkan kualitas varietas tanaman lokal agar bisa bersaing secara global.

"Perlindungan varietas tanaman diharapkan menjadi salah satu indikator produk pertanian kita mampu bersaing di dunia global dengan menerbitkan sertifikat Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT)," tutur Senator asal Jawa Timur itu, Senin (12/4/2021).

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur ini menilai uji BUSS dan setifikat PVT sangat penting.

"Apalagi produksi pertanian kita disebut-sebut masih kalah jauh dari Vietnam, baik dari kuantitas maupun kualitas. Dan juga masih kalah dari Jepang, Korea, China dan Amerika," katanya.

Oleh sebab itu, LaNyalla berharap uji BUSS bisa mendorong tumbuhnya varietas baru dan unggul. 

"Sudah saatnya kita mampu berdikari memiliki benih unggul sendiri yang dikembangkan sendiri dan kita lepaskan ketergantungan menggunakan benih dari negara lain," tutur mantan Ketua Umum PSSI itu. 

Menurut LaNyalla, Indonesia memiliki berbagai jenis varietas yang bisa dikembangkan menjadi benih unggul. 

"Asalkan ada kemauan kuat dan bangga menggunakan benih lokal, varietas tanaman kita pasti akan terus berkembang," katanya.

TrendingMore